SD PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA
SD Pangudi Luhur Yogyakarta - Jln P. Senopati 18, Prawirodirjan, Gondomanan Yogyakarta 55121  Telp. 0274 385975
Selasa, 19 September 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 



PROFIL
SEJARAH SINGKAT TK-SD PL YOGYAKARTA

Seorang Imam muda berkebangsaan Belanda bernama Louis Hubert Rutten (1809-1891) tergerak hatinya oleh penderitaan kaum muda di Nederland khususnya kota Maastricht. Mereka tidak bersekolah, dan berkeliaran kemana-mana. Pastor Louis Hubert Rutten mendidik mereka dengan pelajaran Agama, dan berkembang menjadi sekolah.

Pada tanggal 21 November 1840 Konggregasi FIC (Fratrum Immaculatte Conceptionis) didirikan oleh Pastor Louis H. Rutten dengan Bruder Bernardus Hoecken sebagai Bruder yang pertama. Tugas mereka menangani pendidikan kaum muda terlebih pada waktu itu di kota Maastricht. Karya mereka berkembang dengan pesat, demikian jaga dengan tenaga bruder juga bertambah banyak.
“Sampai tahun 1920, para bruder berkarya di Nederland saja. Sebetulnya telah beberapa, kali datang permohonan dari tanah misi, supaya para bruder juga bersedia berkarya di tanah misi."

Pada tanggal 14 Agustus 1920 dengan kapal laut dari Nederland diutus ke Indonesia yaitu Br. August, Lebuinus, Eufrasius, Constanstius dan Br. Ivo.
Mereka sampai di Indonesia dan mendarat di Batavia ( Jakarta ) pada tanggal 20 September 1920 dan melanjutkan perjalanannya ke tempat misi FIC yang pertama. Mereka memilih tempat untuk menetap di Yogyakarta.

Mula-mula para bruder menangani sekolah-sekolah HIS (Holands Indiche School), Mulo di kompleks Bruderan, yang terletak antara Alun-alun Utara dan Benteng Vredenburg. Setelah kemerdekaan, nama sekolah-sekolah tersebut digantikan nama Indonesia. Misalnya, SR, SMP, SGA, kemudian berubah lagi menjadi Sekolah Dasar, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama dan Sekolah Pendidikan Guru.

Sekolah Dasar Pangudi Luhur kini sudah berkembang jauh dibandingkan sepuluh tahun yang lalu. Kini telah memiliki 4 paralel dengan jumlah murid + 960 murid.
Taman Kanak-Kanak Pangudi Luhur muncul karena keprihatinan dari SD dengan tidak memiliki TK, sehingga SD kelas I pada tahun ajaran baru selalu menunggu-nunggu dari TK di luar sekolah Pangudi Luhur. Dengan munculnya Taman Kanak-kanak Pangudi Luhur menambah suburnya SD di mata masyarakat.






^:^ : IP 54.198.165.74 : 1 ms   
SD PANGUDI LUHUR YOGYAKARTA
 © 2017  http://sdplyogya.pangudiluhur.org/